Pengertian Pita Magnetik, Fungsi dan Karakternya, Lengkap!

Pita Magnetik atau Magnetic Tape, Pengertian, Fungsi dan Karakter pita magnetic - ruanggadged.com. Apa itu Pita Magnetik (Magnetic Tape)? Apa fungsi, karakter, proses penyimpanan dan macam-macam dari pita magnetic tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

Pada tahun 1950-an pita magnetik telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magnetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an

Pita Magnetik atau Magnetic Tape, Pengertian, Fungsi dan Karakter pita magnetic


Pengertian Pita Magnetik


Pita Magnetik (Magnetic Tape) adalah penyimpan sekunder dengan pengaksesan secara sequential dan biasanya digunakan untuk komputer jenis mini atau mainframe. Media penyimpanan pita magnetic terbuat dari bahan magnetic yang dilapiskan pada plastik tipis, seperti pita pada kaset.

Pada proses penyimpanan atau pembacaan data, kepala pita (tape head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat keausan pita.
Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Icon Control Panel Pada Komputer
Data yang disimpan dalam magnetic tape umumnya adalah data yang tidak memerlukan perubahan serta backup data. Kecepatan baca data pada tipe ini tergantung model dan instruksinya, diperkirakan antara 1.500 sampai 60.000 bytes per detiknya.

Fungsi Pita Magnetic

  • Untuk media penyimpanan
  • Untuk alat input/output
  • Untuk merekam audio, video


Selanjutnya, kita masuk kepada proses penyimpanan Pita Magnetic (Magnetic Tape)

Proses Penyimpanan

Pada proses penyimpanan atau pembacaan data kepala pita (tape head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat kinerja pita. Data pada pita magnetik direkam secara berurutan dengan menggunakan driver khusus untuk masing-masing jenis pita magnetic.

Karena perekaman dilakukan secara bersamaan, maka untuk mengakses data yang kebetulan terletak di tengah, driver terpaksa harus memutar gulungan pita, hingga head mencapai tempat data tersebut. Hal ini membutuhkan waktu relatif lama.

Karakteristik Pita Magnetic (Magnetic Tape)


1. Pita magnetik mempunyai kecepatan putar sebesar 18,75-200 inchi per detik.
2. Data yang disimpan dalam magnetik tape umumnya data yang tidak memerlukan perubahan atau untuk backup data.
3. Kecepatan baca atau mencatat data pada pita tape tergantung model dan instruksinya, namun dapat diperkirakan antara 15000 sampai 60000 bytes per detiknya.4. Pita tape terbuat dari bahan campuran plastik dan ferric oxide.

Macam-Macam Pita Magnetic


Reel Tape

Reel tape berupa pita magnetik yang digulung dalam wadah berbentuk lingkaran dan dapat menampung data sebesar 250 MB sampai 8 GB).

Tape Catridge (Pita Video/Kaset Video)

Tape catridge berbentuk seperti kaset video atau kaset handycam atau bahkan ada yang seperti kaset audio yang banyak ditemui di pasaran.Tape Catridge terdiri dari berbagai macam format, baik dalam format analog maupun digital.

Format analog misalnya VHS, S-VHS ataupun format berkualitas broadcast, yaitu : Betacam, Format digital dapat dalam MiniDV, DVC-Pro,DVCAM, HDCAM, Hi8, DVHS, atau format digital untuk kualitas broadcast Betacam Digital.

Pita Magnetik atau Magnetic Tape, Pengertian, Fungsi dan Karakter pita magnetic


Cara Kerja Magnetic Tape


Data digital pada pita magnetik direkam dengan media tape recorder secara berurutan menggunakan drive khusus untuk masing-masing jenis pita magnetik sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan peroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit dan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.

Karena perekaman dilakukan secara sekuensial, maka untuk mengakses data yang kebetulan terletak di tengah, drive harus memutar gulungan pita, hingga head mencapai tempat data tersebut. Hal ini membutuhkan waktu relatif lama.

Meskipun demikian, teknologi pita magnetic masih banyak digunakan sebagai media backup data atau pengarsipan. Hal ini dikarenakan media ini memiliki kapasitas yang besar.

Keuntungan menggunakan Pita Magnetik

1. Panjang record tidak terbatas.

2. Density data tinggi.

3. Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah.

4. Kecepatan transfer data tinggi.

5. Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya.

Kekurangan dan Keterbatasan Menggunakan Pita Magnetic

1. Akses langsung terhadap record lambat.

2. Masalah lingkungan.

3. Memerlukan penafsiran terhadap mesin.

4. Proses harus sequential.

Pita Magnetik saat ini memang masih eksis dan masih menjadi komponen penting. Maka dari itu, hal-hal yang berkaitan dengan pita magnetic harus kamu tahu, apalagi kamu saat ini mengambil jurusan ilmu komputer atau tehnik jaringan.

Sampai disini dulu pengertian pita magnetik (magnetic tape) fungi, macam-macam, proses penyimpanan, dan karakter pita magnetic. Sekian semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian Pita Magnetik, Fungsi dan Karakternya, Lengkap!"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel