Inilah Bahaya Menggunakan VPN Untuk Browsing Maupun Chatting

Bahaya Menggunakan VPN -ruanggadged.com, Setelah terjadi pembatasan penggunaan media sosial oleh pemerintah seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan sosial media lainnya, membuat banyak orang beralih menggunakan VPN. Tapi tak sedikit orang yang tau akan bahaya menggunakan VPN itu.

Baca Juga: Cara Mudah Internet Gratis Menggunakan VPN Master

Memang banyak sekali manfaat menggunakan VPN, selain bisa memilih server dari luar negeri, penggunaan VPN juga bisa mengakses situs-situs yang di Blokir oleh pemerintah maupun provider internet.

Pengertian VPN (Virtual Private Network)


Apa kamu tau arti VPN itu?

Inilah Bahaya Menggunakan VPN Untuk Browsing Maupun Chatting
sumber: youtube.com

VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan publik. Jika disimpulkan akan seperti ini
  • Virtual: Hal yang tidak nyata atau semu di dunia maya/internet
  • Private: Hal yang sifatnya pribadi dan tidak bisa diakses sembarang orang
  • Network: Suatu jaringan koneksi yang selalu terhubung
Jadi secara umum pengertian VPN adalah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.
Baca Juga: Download VPN Proxy Master v6.3.5 Apk Terbaru
Sudah tau kan arti dari VPN tersebut?

Dampak adanya pembatasan akses sosial media oleh pemerintah banyak pengguna Smartphone Android mengeluh karena tidak bisa mengakses sosial media seperti biasanya. Dan agar bisa mengakses sosial media pengguna menggunakan jalan alternatif yaitu menggunakan VPN.

Ada banyak sekali Aplikasi VPN yang bisa di Download di Google PlayStore maupun App Store. Seperti 5 Aplikasi VPN Terbaik dan Populer ini.

Yang jadi masalah sekarang adalah dampak atau bahaya menggunakan VPN untuk browsing maupun chatting. Pasti kamu belum taukan apa saja bahaya menggunakan VPN?

Menurut pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengingatkan soal bahaya menggunakan VPN. Penggunaan VPN tengah marak dilakukan pengguna internet di Indonesia untuk mengakali aturan pembatasan akses sosial media oleh pemerintah.

Berikut ini adalah bahaya menggunakan VPN yang pastinya harus kamu ketahui.

Bahaya Menggunakan VPN


1. Pencurian Data

Penggunaan layanan VPN untuk menembus pembatasan akses pemerintah berpotensi terjadi pencurian data pengguna yang ada di ponsel. Terutama jika layanan VPN yang digunakan tidak terpercaya.

Sebab, ketika ponsel terhubung dengan server penyedia VPN, pemilik server sejatinya bisa melihat seluruh isi lalu lintas data pada ponsel yang terhubung.

Data yang diambil bisa berupa data yang ditrasmisi selama ponsel terhubung, seperti mengekstrak komunikasi, mencuri data username (nama pengguna), password (kata sandi), data finansial, dan data penting lainnya. Yang paling bahaya adalah data-data MBanking.

2. Disusupi Malware

Bahaya menggunakan VPN selanjutnya adalah bisa disusupu Malware. Perangkat ponsel yang terhubung ke sembarang VPN juga beresiko disuntikkan Malware.

Disusupi Malware bisa dilakukan dengan menyelipkannya di tengah jalan. Kalau ponsel sudah disisipi Malware, dia bisa ngapain saja, jadi resikonya sangat tinggi.

3. Bisa Akses Data Pengguna

Saat data pengguna dikumpulkan oleh VPN, akan dijual atau ditransfer pada pihak ketiga. Ini demi kepentingan keuntungan semata. Salah satu contohnya Opera Free VPN yang saat ini dimiliki konsorsium China. VPN itu menawarkan layanan gratis tanpa batas lewat browser, ini merupakan cara mereka mengumpulkan serta berbagi data pengguna.

4. Bisa Mencuri Bandwidth

Lalu bahaya menggunakan VPN selanjutnya bisa mencuri bandwidth. Sejumlah bisnis menggunakan VPN gratis untuk mencuri bandwidth dan menjualnya kembali pada pihak ketiga.
Baca Juga: Download VPN Master Pro Apk v1.6.1 Terbaru Untuk Android
Salah satu contohnya layanan berbasis di Israel, Hola VPN. Layanan ini diketahui telah mencuri bandwidth dan dengan curang menjual lewat sister company, Luminati.

Dalam kebijakan sistemnya, Hola mengakui mereka mungkin akan membagikan data pengguna dengan pihak ketiga.

5. Membajak browser

Cara VPN menghasilkan uang bisa juga dengan cara pembajakan browser. Ini akan terjadi saat layanan itu mengalihkan browser pada website partner tanpa izin pengguna.

Hotspot Shield VPN ditemukan mengalihkan permintaan HTTP pada situs e-commerce seperti Alibaba dan e-Bay lewat jaringan mitranya.

Dari kelima bahaya menggunakan layanan VPN saat browsing maupun chatting diatas menang memiliki resiko yang sangat tinggi. Jadi diharapkan kamu semuanya berhati-hati dalam menggunakan VPN tersebut.

Jangan sampai mengirimkan data-data pribadi yang penting seperti Nomer rekening Bank, Pin ATM atau data-data penting lainnya. Karena bisa saja data kamu tersebut dicuri dan bisa-bisa uang yang ada di tabungan kamu habis terkuras.

Setelah melihat bahaya menggunakan VPN apa kamu masih ingin menggunakan layanan VPN untuk berinternet?

0 Response to "Inilah Bahaya Menggunakan VPN Untuk Browsing Maupun Chatting"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel