5 Tips Cerdas Cara Menghindari Penipuan Online

Tips dan Cara Menghindari Penipuan Online - ruanggadged.com, Pada jaman sekarang ini banyak sekali penjual barang secara Online, dengan mempromosikan di media sosial. Tetapi tak sedikit pula mereka yang menjual produknya tidak sesuai dengan apa yang dia promosikan. Dan ini sering terjadi setelah barang sampai di si pembeli.

Maka dari itu, dibutuhkan tips cerdas cara menghidari penipuan Online, agar nanti Anda yang membeli produk secara Online tidak tertipu. Cara nya pun cukup mudah, asalkan Anda tidak terburu-buru dengan barang yang ingin Anda beli nantinya.

Usahakan Anda lihat-lihat dulu profil si penjual, karena dengan mudahnya orang membuat akun di media sosial tak sedikit pula akun itu hanya dibuat untuk menipu. Mungkin dari Anda pernah mengalaminya.

Di abad serba canggih ini semuanya serba mudah dengan adanya perangkat elektronik yang super duper canggih seperti dimasa sekarang, salah satunya apa lagi kalau bukan " Smartphone ". Melalui smartphone apa saja bisa dilakukan termasuk berbelanja online, yang dulunya capek - capek harus ke pasar untuk berbelanja sekarang cuma klik pesanan akan diantar ke alamat kita.

5 Tips Cerdas Cara Menghindari Penipuan Online

Nah, dari segi inilah banyak para penipu yang berkeliaran untuk mendapatkan keuntungan dari ini semua, maka karena inilah saya akan memberikan " 5 Tips Cerdas Untuk Menghindari Maraknya Penipuan Online ".

1, Minta Rekomendasi Dari Teman

Teman anda senang berbelanja online ? maka mintalah rekomendasi dari dia untuk menentukan toko online mana yang bisa dipercaya. Cara ini lumayan ampuh karena teman yang Anda tanya bisa menjadi bukti kalau toko online tersebut bisa dipercaya.

2. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Yang kedua cara menghindari penipuan Online adalah jangan tergiur dengan harga murah. Kebiasaan dari pelaku penipu online adalah membuat harga yang paling mustahil di akal pikiran kita, contohnya dari harga 1 juta rupiah bisa dibanting dengan harga yang sangat rendah yaitu 50% lebih murah dari harga normal.

Dan ini Anda harus hati-hati, jangan sampai Anda terlena dengan harga yang dipatoknya. Biasanya ini dibuat kedok saja sama si penjual agar calon pembeli langsung tergiur dengan embel-embel harga yang murah.

3. Simpan Dengan Baik Bukti Transaksi

Jangan pernah buang segala jenis bukti, baik bukti sms dan bukti transaksi. karena itu akan menjadi pegangan bagi anda bila memang anda ditipu. Jika Anda sudah terlanjur melakukan transaksi, maka Anda harus simpan tanda buktinya, agar nanti jika barang yang Anda beli tidak sesuai bisa complain. Atau jika Anda tertipu maka Anda bisa laporkan ke pihak yang berwajib dengan barang bukti yang Anda pegang.

4. Jangan Berpatokan Pada Testimoni

Selanjutnya cara menghindari penipuan Online adalah jangan berpatok pada testimoni. Testimoni memang penting, karena ini untuk membuktikan bahwa toko tersebut dapat dipercaya. Tetapi saking mudahnya membuat akun media sosial bisa jadi testimoni tersebut adalah akun dia sendiri atau akun teman yang diajak bekerja sama. Ini harus Anda waspadai.

Jangan pernah percaya dengan testimoni, karena bisa saja itu hanyalah sebuah rancangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui anda.

5. Selalu Utamakan COD ( Cash On Delivery )

Yang terakhir atau ke lima cara menghindari penipuan Online adalah, mengutamakan COD. Utamakanlah COD karena dengan COD kita akan bisa lansung menerima barang berjumpa dengan kurir atau lansung dengan sipenjual sehingga tidak akan merasa tertipu.

Saat COD Anda juga bisa cek langsung barang pesanan Anda, sehingga jika tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, Anda bisa cancel hari itu juga. Dan disitu Anda tidak akan rugi.

Itulah " 5 Tips Cara Untuk Menghindari Maraknya Penipuan Online " semoga apa yang saya sampaikan diatas, bisa bermanfaat bagi Anda yang suka berbelanja Online. Tetap Waspada!.

0 Response to "5 Tips Cerdas Cara Menghindari Penipuan Online"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel