Cara Mudah Menghemat RAM Smartphone Android

Cara Menghemat RAM Smartphone Android - ruanggadged. Apa itu RAM? RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan data sementara sebelum data masuk dan diolah oleh processor. Pada smartphone Android, kapasitas RAM sudah besar pada beberapa smartphone terkini. Tetapi masih banyak juga pengguna ponsel Android yang memiliki kapasitas RAM kecil.

Untuk menghemat RAM pada smartphone Android khusunya yang memiliki kapasitas RAM kecil bisa melakukan cara menghemat RAM smartphone Android yang akan ruanggadged berikan dibawah ini. Agar nantinya ponsel Android kamu bisa berjalan dengan lancar.


Memiliki kapasitas RAM yang kecil memang menjadi kendala tersendiri bagi pengguna yang banyak menginstal Aplikasi serta Game. Pasalnya jika terlalu banyak ponsel akan menjadi lemot. Lalu bagaimana cara menghemat RAM smartphone Android?

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan RAM Smartphone Android

Ada beberapa cara untuk menghemat RAM smartphone Android kamu, yang bertujuan agar ponsel kamu bisa lebih optimal. Karena jika memasang terlalu banyak Aplikasi maka RAM akan terkuras dengan banyak pula, sehingga kinerja ponsel Android kamu menjadi lemot dan lelet.

Cara Menghemat RAM Smartphone Android


Disini ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar smartphone kamu tidak lemot, yaitu dengan mengoptimalkan RAM. Karena RAM menjadi hal yang utama dalam performa smartphone.

Untuk itu, kamu perlu melakukan hal-hal dibawah ini Agar bisa menghemat RAM smartphone Android kamu.

1. Sediakan Memory Bebas 30%

Pada perangkat Android, kapasitas RAM yang sekarang banyak beredar adalah 1-2 GB, walaupun juga sudah banyak beredar ponsel dengan RAM 3-6GB tetapi harganya masih cukup mahal.

Baca Juga: Penyebab Smartphone Android Cepat Panas

Harap diingat free-RAM tidak akan dapat 1 atau 2 GB. Karena akan digunakan untuk sistem aplikasi. Batas maksimal agar tidak lambat adalah 30%. Artinya sediakan memori bebas sekitar 250 MB, lebih banyak lebih bagus. Tapi sekarang, sudah banyak ponsel yang menyediakan memori internal besar.

2. Install Aplikasi Seperlunya

Untuk yang dibawah 2 GB (misalnya 1 GB), gunakan aplikasi secukupnya. Jangan install aplikasi messenger di semua perangkat. Pilih salah satu untuk terkoneksi dengan semua kontak teman WhatsApp bisa jadi pilihan utama. BBM bisa menjadi alternatif, lakukan force stop aplikasi. Lalu buka untuk melakukan pengecekan pesan yang masuk.

3. Browser sebagai alternatif

Minim RAM bukan berarti gak bisa eksis. Tanpa menggunakan aplikasi messenger masih dapat menggunakan browser untuk mengunjungi jejaring sosial seperti Facebook tanpa harus menginstall aplikasinya.

4.Gunakan Opera Mini atau UC Browser Mini

Kedua browser ini irit penggunaan RAM. Dibandingkan dengan Chrome ataupun Mozilla FireFox. Jadi kedua Browser tersebut bisa menjadi Alternatif bagi kamu yang memiliki ponsel dengan kapasitas RAM kecil

5. Gunakan Smart Launcher

Launcher ini sangat responsive dikarenakan ukurannya yang sangat mini yang hanya berkisar beberapa mega byte saja. Dan juga tidak memakan RAM yang banyak sehingga sisa RAM masih bisa digunakan untuk banyak aplikasi yang lainnya, untuk multitasking.

6. Install aplikasi untuk memaksimalkan RAM

Aplikasi dengan fungsi root menjadi pilihan. Berikut adalah aplikasi yang bisa mengurangi penggunaan dan memaksimal RAM:

Titanium Backup & Link2SD

kedua aplikasi ini bisa freeze aplikasi yang tidak perlu. Freeze aplikasi sistem lebih aman dibandingkan harus meng-uninstall-nya.
Greenify Hibernasi

aplikasi yang berjalan sebagai background. Bedanya dengan freeze, aplikasi masih bisa digunakan.
Seeder

Dapat mengurangi lag di perangkat Android. Ini penting juga bagi kamu yang suka bermain game
LagFix

Dapat memperbaiki blok di internal memori melalui tool fstrim.
RAM Booster (Root)

Lupakan task killer. Lebih baik gunakan aplikasi ini untuk managemen RAM yang lebih baik.

7. Lihat penggunaan RAM

Lihat penggunaan melalui settings > Apps > Manage App > geser ke kanan hingga ke bagian Running. Lihat penggunaan RAM dari aplikasi yang ada pada perangkat. Setelah mengetahuinya Aplikasi mana yang paling banyak memakan RAM, kamu bisa meminimalisirnya dengan menghapus atau menutupnya jika Aplikasi tersebut tidak terlalu penting.

Memang penting bagi sebuah smartphone memiliki RAM yang besar, karena RAM menjadi faktor utama performa ponsel Android, maka dari itu bagi yang memiliki ponsel dengan kapasitas RAM yang kecil wajib menghemat RAM agar ponsel kamu bisa berjalan optimal dan tidak lemot.

Baca Juga: Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya!

Bagimana? mudah bukan cara menghemat RAM smartphone Android, Bagi yang menggunakan ponsel dengan RAM dibawah 2GB bisa menerapkan cara-cara diatas. Dan bagi yang memiliki ponsel dengan RAM 3GB keatas juga bisa mencobanya agar performa ponsel kamu semakin optimal.

Demikianlah cara menghemat RAM Smartphone Android. Semoga apa yang ruanggadged sampaikan bisa bermanfaat bagi kamu semuanya. Terima kasih

0 Response to "Cara Mudah Menghemat RAM Smartphone Android"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel