7 Penyebab Komputer atau Laptop Restart Sendiri dan Solusinya!

Penyebab Komputer atau Laptop Restart Sendiri - ruanggadged.com. Jika Anda mengalami komputer atau Laptop Restart sendiri, jangan langsung menganggap bahwa komputer Anda rusak. Banyak faktor yang menjadi penyebab komputer atau laptop restart sendiri dan ini umum terjadi. Jika itu terjadi pada Anda maka disini akan saya berikan solusi dari penyebab komputer restart sendiri.

Penyebab Komputer atau PC Restart Sendiri


Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan komputer atau laptop Anda melakukan restart dengan sendirinya. Jika yang masih awam masalah komputer akan merasa bingung, "kok bisa restart sendiri padahal tidak di buat apa-apa dan hanya dipakai biasa saja". Jika beranggapan seperti itu maka mungkin dia menyangka kalau komputer tersebut rusak.

7 Penyebab Komputer atau Laptop Restart Sendiri dan Solusinya!

Tetapi bagi yang sudah terbiasa dengan komputer mungkin sudah tau penyebab komputer restart sendiri dan tentu saja sudah mengetahui solusinya. Yang paling umum mengapa komputer atau PC bisa restart sendiri adalah karena Overheating, dan ini sering terjadi, saya sendiri juga pernah mengalaminya.

Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya!


Disini ada sekitar tujuh penyebab komputer atau laptop restart sendiri yang umum terjadi pada komputer atau PC yang digunakan. Dari ketujuh penyebab ini akan saya beri solusinya agar nantinya Anda bisa memperbaiki sendiri tanpa perlu dibawa ke tempat service.

Berikut 7 (Tujuh) Penyebab Komputer atau Laptop Restart Sendiri:

1. Overheating Prosessor

Penyebab komputer restart sendiri yang pertama adalah terjadinya Overheating pada Prosessor komputer Anda. Ini masalah yang paling umum terjadi, kadang sang pemakai tidak menyadari bahwasanya prosessor pada komputer sudah Overheating atau sudah terlalu panas, akibat keasikan menggunakannya.

Cara mengatasi Overheating pada Prosessor:
  • Anda bisa cek sendiri temparaturnya di Bios atau menggunakan aplikasi seperti CPUID.
  • Fan prosesor ada kemungkinan tidak atau lambat putarannya, jika begitu pendinginan prosesor akan kurang maksimal. Anda bisa menyemprotkan cairan anti karat dibagaian dinamo dari fannya.
  • Cek juga sirip-sirip prosesor kemungkinan berdebu.
  • Keringnya pasta di atas prosesor, segeralah ganti pastanya
  • Gunakanlah blower di bawah laptop atau kalau komputer usahakan di ruangan ber-AC
2. Hardware atau Software Terjadi Crash

Penyebab yang kedua komputer restart sendiri adalah terjadinya Crash pada Hardware atau Software dari komputer atau laptop. Bisa anda cek dengan cara ketika komputer Anda menyala, Anda tekan tombol F2 atau DELETE_ untuk masuk ke Bios, cara ini beda-beda tergantung mereknya. 

ketika masuk ke Bios tunggu sekitar 5 menitl jika komputer Anda restart itu artinya hardware yang rusak. Tapi jika tetap menyala dan masuk windows kemudian restart, nah itu artinya Software anda yang bermasalah.

3. Software dan Hardware Tidak Cocok

Jika Software dan Hardware pada komputer atau Laptop Anda tidak cocok maka ini juga bisa berakibat komputer dan laptop Anda Restart sendiri. Contohnya seperti Driver fungsi driver itu sangat kompleks, ketika hardware di instal driver yang baru ada kemungkinan tidak kompetible sehingga akan mengakibatkan komputer restar.

loh terus bagaimana Solusinya ? saran saya coba cari driver dengan aplikasi pihak ke-3 seperti pakai driver pack solutions atau sejenisnya.

4. Terjadi BSOD dan Fatal Eror

Sebenarnya kedua masalah BSOD dan Fatal Eror jarang sekali terjadi pada komputer dan laptop. Akan tetapi, jika Anda mengalami masalah ini silahkan anda repair system saja atau kalau mentok terpaksa di instal ulang saja.

5. RAM Sudah Rusak

Saat RAM pada komputer atau laptop Anda sudah tidak bekerja dengan baik juga menjadi salah satu penyebab komputer atau laptop restart sendiri. Karena kinerja RAM saat berjalan tidak optimal. Jika itu terjadi maka solusi terbaik adalah Anda harus menggantinya dengan RAM yang sejenis atau yang kompatible dengan komputer atau laptop Anda.
Baca Juga: Cara Menambah RAM Laptop atau PC dan Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

6. Arus Listrik Tidak Stabil

Saat Anda menggunakan laptop atau komputer maka, arus listrik yang Anda gunakan harus stabil. Karena jika arus tidak stabil maka pasokan daya ke komputer dan laptop tidak optimal. Dan ini bisa memicu terjadinya komputer dan laptop restart sendiri. Solusinya adalah pakailah Stabilizer, agar pasokan daya bisa stabil dan optimal

7. Hardisk Komputer atau Laptop Rusak

Jika Hardisk pada komputer Anda rusak maka kecurigaan pertama kali tertuju pada Badsector. Jika itu terjadi maka, akan terganggu pada pembacaan data di Hardisk. Solusinya adalah sering-seringlah Defragment Hardisk untuk menjaga stabilnya Hardisk komputer atau laptop Anda.

Dari ketuju penyebab komputer atau laptop Anda restart sendiri seperti yang telah diuraikan diatas, salah satunya mungkin pernah terjadi kepada Anda. Jangan langsung beranggapan bahwa komputer atau laptop restart sendiri itu tandanya rusak. Lihat dulu penyebabnya baru ditindak lanjuti dengan mencari solusi.

Sekian dari ruanggadged.com mengenai penyebab komputer atau laptop restart sendiri dan solusinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih!  

0 Response to "7 Penyebab Komputer atau Laptop Restart Sendiri dan Solusinya!"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel