Cara Menambah Memory RAM Laptop atau PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Cara Menambah Memory RAM Laptop dan PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan - Sering kali kita temui masalah pada perangkat PC, Komputer atau Laptop salah satunya masalah RAM. Biasanya pada laptop dengan harga yang cukup murah antara 3-4 Jutaan kebanyakan sudah tersedia RAM sebesar 2-4GB. Tapi itupun kadang dirasa belum cukup untuk pemakaian sehari-hari apalagi yang hoby maen Game berat atau HD yang notabene membutuhkan banyak RAM.
Cara Menambah Memory RAM Laptop atau PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Lalu bagaimana caranya menambah RAM? Sebenarnya cara menambah RAM pada komputer, PC atau laptop itu mudah asalkan perangkat kita sudah tersedia slot untuk penambahan RAM dan juga harus memperhatikan hal-hal terkait masalah RAM.

Lalu berapa biaya untuk menambah RAM?

Masalahnya secara teknis pertanyaan ini terlalu luas sehingga tidak bisa dijawab dengan singkat juga. Pertama memory apa yang dimaksud? Typenya apa? kemudian ditambahnya ke perangkat apa, komputer,PC atau laptop?

Agar dapat menentukan biaya perlu lebih spesifik. Untuk itu kami akan membahas beberapa hal terkait masalah menambah memory RAM ini. Pertama terkait perangkat. Kemampuan untuk menambah RAM adalah salah satu kelebihan komputer-laptop dibanding Handphone. Berbeda dengan handphone yang hanya bisa upgrade software, laptop bisa juga upgrade hardware.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara menambah RAM pada PC atau Laptop mari kita ketahui terlebih dahulu Apa itu RAM dan bagaimana fungsinya.

Apa itu Memory RAM?
Sebagian pengguna masih bingung dan rancu antara memori RAM dan memory penyimpanan (Hardisk-emmc). Untuk memudahkan pemahaman kami buat sesederhana mungkin, silahkan lihat analogi dibawah ini.
Cara Menambah Memory RAM Laptop atau PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi ini hanyalah pemahaman secara sederhana untuk menghindari kebingungan dalam istilah komputer yang sangat kompleks. Keterangan gambar:
  1. Lemari = Memory penyimpanan (contoh:Hardisk pada laptop-emmc di handphone-SD Card-Flash Disk), tempat penyimpanan data dan install program aplikasi
  2. Meja = Memory RAM, tempat mengerjakan data atau program dari lemari
  3. Pekerja = CPU processor, bagian sparepart laptop yang bertugas untuk melakukan berbagai pekerjaan. Ada 2 Dual Core, 4 Quad Core dst.
Bayangkan peran memory sangatlah penting bagi laptop, semakin banyak pekerjaan aplikasi program dan game yang membutuhkan resource tinggi, maka semakin besar kebutuhan RAM. Jika ram semakin besar akan akan berdampak semakin cepat selesai pekerjaannya dalam artian semakin kencang performa laptop. 

Percuma pakai Hardisk besar atau CPU Processor 4-Quad Core jika ramnya kecil, ibarat seperti kantor banyak pegawai tetapi meja kerja cuma 1, nganggur pegawainya dan pekerjaan tetap menumpuk karena kurangnya tempat untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Komputer maupun laptop dengan memory kecil juga biasanya tidak bisa digunakan untuk menjalankan atau menginstal aplikasi/game tertentu. Program seperti Photoshop, Coreldraw terasa berat untuk dibuka dan beberapa game terbaru biasanya juga membutuhkan memory RAM besar, contoh seperti game GTA terbaru, PES dan lainnya.

Bagaimana Cara Menambah Memory Ram?
Upgrad RAM di laptop relatif mudah asal masih tersedia slot kosong. Karena kita hanya tinggal membuka cover atau casing lalu menambah atau menggantinya saja. Namun harap perhatikan beberapa type laptop slim biasanya harus bongkar keseluruhan case untuk melakukannya. Jadi akan lebih sulit dan beresiko merusak bagian lainnya jika belum pernah melakukannya.
Cara Menambah Memory RAM Laptop atau PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum upgrade memory di laptop agar performanya kencang dan tidak lemot. Meskipun kebanyakan laptop saat ini dibekali dengan dua slot RAM, di mana salah satu di antarannya masih kosong namun perhatikan bahwa tidak semua laptop tersedia slot tambahan ini, harap periksa spesifikasinya atau hubungi tempat servis laptop untuk mencari tahu.
Cara Menambah Memory RAM Laptop atau PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Jika laptop tersebut tidak menyediakan slot tambahan seperti gambar diatas atau slot sudah terisi, maka kita tidak bisa menambahkan memory RAM tersebut. Beberapa laptop type slim tidak menyediakan slot tambahan demikian halnya type netbook. Bahkan beberapa type slim sering sama seperti handphone, dengan merancang memory menempel jadi satu di PCB Motherboard dan tidak bisa diganti atau ditambah.

Perlu Anda ketahui hal-hal sebelum Anda membeli RAM.

Berikutnya perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa type memory pada komputer maupun laptop, ada type DDR2, DDR3, DDR4. Ketahuilah terlebih dahulu type RAM tersebut sesuai dengan laptop masing-masingh agar tidak salah membelinya. Karena setiap type memory ini memiliki bentuk pin socket berbeda-beda sehingga hanya bisa digunakan pada slot yang sesuai dan tidak cocok dengan lainnya.
tipe-tipe RAM Laptop

Keterangan gambar diatas sbb:
  1. Type memory DDR 3
  2. Kapasitas 8GB
  3. Transfer Rate PC 12800
Selain jenisnya, memory RAM juga memiliki transfer rate FSB yang berbeda-beda. Apa FSB itu? Mudahnya adalah batas kecepatan yang diijinkan. Contoh aturan batas kecepatan kendaraan dijalan raya berbeda-beda, jika kendaraan kita tidak bisa memenuhi aturan tersebut dapat membuat jalan (laptop) error. Nah transfer rate ini biasanya tertulis di fisik memory dengan kode PC 12800, PC 10600, PC 5600, dan sebagainya. 

Meskipun semakin besar angkanya maka semakin cepat pula RAM tersebut ketika digunakan. Jadi sebelum melakukan upgrade kita perlu menyesuaikan dengan kecepatan aslinya sebagai patokan sesuai dengan bawaan spesifikasi laptop agar kompatibel.

Jika laptop memiliki dua slot RAM dan masih bisa ditambah, berikutnya pastikan kita membeli memory dengan kecepatan transfer rate yang sama. Jika kecepatannya berbeda dan dipaksakan hasilnya kemungkinan sbb:

Jika beli type memory bagus (mahal) dengan fitur multi FSB maka biasanya akan menyesuaikan dengan kecepatan transfer rate RAM aslinya. Hasilnya performa memory mahal ini akan berjalan lambat seperti memory biasa atau mungkin justru bisa menimbulkan masalah seperti tidak mau menyala alias setiap ditekan tombol power laptop mati/blank layarnya padahal lampu indikator menyala dan kipasnya muter.

Inilah yang sering terjadi pada beberapa orang setelah membeli sendiri memory RAM namun saat dipasang laptop malah mati karena FSB speed tidak cocok. Jika pembaca memang sudah memiliki pemahaman dan mengerti aturannya serta tahu cara bongkar laptop silahkan melakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa aturan diatas. Namun jika belum memahami dan kuatir dengan resikonya, silahkan menghubungi tempat servis laptop yang terpercaya.

Demikianlah artikel mengenai cara menambah memory RAM Laptop, PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semuanya. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Menambah Memory RAM Laptop atau PC dan Hal Yang Harus Diperhatikan"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel