Penyebab Hp Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatsinya - ruanggadged.com. Tahukah anda penyebab Smartphone Android menjadi lemot disebabkan oleh berbagai macam masalah, mulai dari terlalu banyak menginstall aplikasi di smartphone atau kapasitas ram dan prosesor smartphone tidak terlalu besar, tentu hal tersebut sangat berpengaruh pada kinerja system android. Kalau di segi Pemakaian, menjalankan terlalu banyak aplikasi sekaligus tentu membuat smartphone akan menjadi lemot karena semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka semakin kecil pula kapasitas RAM yang tersisa. (Baca Juga : Cara Agar Hp Android Tidak Lemot)

Banyak pengguna android yang awal nya biasa-biasa saja karena kinerja sytem android berjalan lancar atau tidak mengalami lemot, seiring berjalannya waktu, jika smartphone semakin lama digunakan, maka smartphone akan menjadi lemot/lambat. Mulai dari menghidupkan perangkat yang booting nya sangat lama dan juga menjalankan sebuah aplikasi yang proses loadingnya lama tentu hal ini membuat anda merasa bosan.

Sebenarnya mengatasi masalah lemot/lambat di smartphone tidak terlalu sulit, yaitu dengan cara mengecek kapasitas ram yang tersisa atau mengecek aplikasi yang anda install yang ukurannya tidak terlalu besar dan pastinya harus sesuai dengan ukuran kapasitas ram smartphone. Silahkan anda simak penyebab smartphone android menjadi lemot/lambat dan cara mengatasinya dibawah ini.
Penyebab Hp Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Banyak Aplikasi yang terinstall di perangkat Android

Diatas saya telah mebahas sedikit jika terlalu banyak menginstall dapat membuat smartphone menjadi lemot. Tentu hal ini sangat berpengaruh pada kinerja sytem android karena semakin banyak aplikasi yang terinstall di perangkat android maka akan membuat kapasitas ram yang tersisa semakin sedikit dan tentunya membuat smartphone menjadi lemot/lambat.

Solusi untuk masalah seperti ini anda hanya perlu menghapus/copot aplikasi-aplikasi yang tidak penting untuk kebutuhan anda dan sisakan kapasitas ram setidak minimal 160MB dan buka Memory Internal atau Eksternal dan hapus semua folder dan juga file dengan nama aplikasi yang sudah anda harus tadi. (Baca Juga : Penyebab Hp Bootloop dan Cara Mengatasinya)

Cache di sytem aplikasi android menumpuk

Apa itu cache ? Cache adalah tempat penyimpanan memory sementara bisa dikatakan file yang tidak dibutuhkan lagi dan tentunya makin sering aplikasi yang digunakan maka makin banyak pula cache terdapat di sytem sebuah aplikasi pastinya ini juga membuat android menjadi lemot.

Untuk mengatasi masalah seperti ini anda hanya perlu menghapus cache dengan cara masuk kemenu pengaturan > menu aplikasi dan pilih satu persatu aplikasi yang ingin anda hapus cache dengan cara klik aplikasi yang ingin anda hapus cache kemudian gulir kebawah sampai terlihat tulisan hapus cache dan sekarang anda klik tulisan tersebut maka cache akan langsung terhapus.

Banyak Aplikasi yang sudah tidak digunakan masih terbuka

Diatas saya juga sudah membahas sedikit tentang terlalu banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan membuat kinerja system android menjadi lambat karena hal ini juga membuat kapasitas ram android menjadi kecil, semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka semakin kecil pula kapasitas ram yang tersisa.

Masalah ini dapat anda atasi dengan cara menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan dengan cara menaham tombol Home dan akan keluar "recent apps" sekarang anda hanya perlu mengeserkan aplikasi yang terlihat kesamping dan aplikasi akan langsung tertutup (Setiap smartphone android memiliki cara sendiri untuk melihat recent apps) dan jika anda hanya keluar langsung dari sebuah aplikasi dengan menekan tombol kembali, aplikasi tersebut tidak akan tertutup.

Widget yang digunakan berlebihan

Widget memang membuat tampilan menu home smartphone android anda menjadi lebih bagus, tetapi jika widget yang digunakan sudah berlebihan tentu juga bisa membuat smartphone anda menjadi lemot karena widget juga memakan kapasitas ram. Disini anda hanya perlu menghapus widget-widget yang tidak terlalu penting untuk kebutuhan anda.

Memory Internal Penuh

Penuhnya memory internal tentu ini sangat berpengaruh pada sytem android, tentunya bukan lemot saja yang terjadi terkadang juga membuat smartphone anda menjadi terhenti sejenak karena keluar pemberitahuan tentang memory full. Masalah seperti dapat anda atasi dengan memindahkan sebagian aplikasi ke memori Eksternal (SD Card) dengan buka cara buka pengaturan > menu aplikasi buka aplikasi yang ingin di pindah dan klik Pindah Ke Kartu SD dan tunggu beberapa saat hingga proses memindah aplikasi hingga selesai. (Baca juga : Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Dengan Mudah)

Itulah tadi Penyebab Smartphone Android Lemot/lambat dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengatasi lemot/lambat pada smartphone android anda. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Penyebab Hp Android Lemot dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel