Manfaat dan Bahaya Root Pada Smartphone Android

Manfaat Root dan Bahayanya pada Smartphone Android - Pasti kalian tidak asing kan dengan kegiatan Rooting pada Smartphone Android. kalau kalian melakukan Root pasti kalian tahu kan apa manfaatnya. Namun apa kalian juga tahu akan bahaya melakukan proses Rooting pada Smartphone Android? Untuk itu, disini saya akan memberikan penjelasan mengenai Manfaat dan Bahaya Melakukan Root Pada Smartphone Android.

Sebelum mengetahui manfaat serta bahayanya, alangkah baiknya kalian paham dulu apa itu ROOT?. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Root simak penjelasan berikut ini.
Manfaat dan Bahaya Root Pada Smartphone Android

ROOT adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi (dikenal dengan "akses root") pada berbagai subsistem Android. Karena Android menggunakan kernel Linux, proses ini memberikan akses ke dalam hak administratif seperti pada Linux atau sistem operasi yang mirip dengan Linux, seperti FreeBSD atau OS X.

Proses melakukan root ini dilakukan untuk mendapatkan hak akses lebih tinggi yang dibatasi oleh pabrik perangkat lunak pada beberapa piranti. Oleh karena itu, proses ini akan memberikan keleluasaan (atau hak akses) untuk mengganti aplikasi sistem dan pengaturannya, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, atau menjalankan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android biasa. Pada Android, proses melakukan root juga membantu penghapusan dan pengganti sistem operasi piranti secara penuh, umumnya dengan rilis terbaru dari sistem operasi tersebut.


Baca Juga : Kerugian Melakukan Root Smartphone Android

Akses root kadang kala dibandingkan pula dengan perangkat jailbreak yang berjalan pada sistem operasi Apple iOS. Namun, terdapat beberapa konsep: jailbreak adalah melewati beberapa jenis larangan yang dibuat oleh Apple kepada pengguna akhir piranti tersebut, termasuk mengubah sistem operasinya (dipaksakan oleh sebuah "locked bootloader"), memasang aplikasi yang tidak resmi diakui oleh Apple melalui pemasangan yang tidak biasa, dan memberikan hak akses lebih tinggi kepada pengguna. Hanya sedikit piranti Android yang mengunci bootloader mereka, dan sebagian penyedia seperti HTC, Sony, ASUS dan Google secara terbuka menyatakan bahwa mereka memberikan kemampuan kepada pengguna untuk membuka kunci perangkatnya, dan bahkan mengganti sistem operasi secara penuh. Sama halnya dengan kemampuan untuk memasang aplikasi dengan langkah yang tidak umum biasanya diizinkan pada perangkat Android tanpa membutuhkan hak akses root.

Setelah kalian mengerti mengenai Root, sekarang saya akan berikan Manfaat Melakukan ROOT pada smartphone Android. Dan manfaatnya adalah:

Manfaat Root Smartphone Android

1. Meningkatkan Performa

HP yang di root tentunya sudah memiliki hak akses untuk mengubah sistem, nah ada berbagai aplikasi root yang tentunya dapat meningkatkan performa prosesor dan gpu sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dalam hal gaming.
Tapi ingat, keseringan melakukan cara ini dapat merusak gadget android.

2. Bebas Kostumisasi Tampilan Android

Dengan mendapatkan root, maka kita dapat dengan bebas mengkostumisasi android kita, sebut saja salah satu aplikasi populer yaitu Gravity Box, dengan aplikasi ini kita dapat mengubah warna status bar, navigasi baru, membuat statusbar dan navigasi bar menjadi transparan dan masih banyak lagi.

3. Bisa Ditambahkan Berbagai Fitur/Tweak

Salah satu kelebihan lain yaitu kita dapat menambahkan fitur, misalnya seperti ACID Audio, Viper Audio dan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman mendengar musik, melihat gambar dan film serta masih banyak lagi.

4. Bisa Meringankan RAM


Maksudnya disini kita dapat meminimalisir penggunaan ram pada hp android kita, dengan cara mengintall aplikasi root yang berfungsi menghibernate aplikasi lain.

Itu dari segi manfaatnya. Terus, kalau Bahayanya melakukan Root pada Smartphone Android Apa?

Nah, ini juga harus kalian tahu akan bahaya melakukan Root pada Smartphone Android kalian. Agar kalian bisa berfikir lagi sebelum melakukan proses Rooting.

Bahaya Melakukan Root Smartphone Android


1. Menghilangkan Garansi

Jika anda ingin mendapatkan hak akses sistem secara penuh atau root maka anda harus setuju kalau garansi hp android anda akan hangus.

2. Rawan Bootloop Bahkan Mati Total

Yap, karena berbagai aplikasi mendapatkan hak root untuk memodifikasi sistem maka sistem bisa menjadi tidak stabil yang bisa berakibat pada bootloop, bahkan kemungkinan paling buruk adalah hp android kita bisa mati total.

3. Rawan Terjangkit Virus

Mungkin yang satu ini belum pernah saya alami, tetapi kalau tidak salah hp yang sudah root lebih rawan terjangkit virus android.

Bagaimana, sekarang kalian sudah tahu kan pengertian Root, Manfaat serta Bahaya melakukan proses Rooting pada smartphone Android. Untuk itu saya sarankan, jika memang tidak benar-benar terpaksa jangan melakukan proses Rooting. apa lagi bagi kalian yang sering jual beli smartphone.

Itulah Manfaat dan Bahaya Root Pada Smartphone Android yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih.

0 Response to "Manfaat dan Bahaya Root Pada Smartphone Android"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel