Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Lemot, Lag, dan Mati Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Lemot, Lag dan Mati Sendiri - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait masalah Smartphone Android yaitu Penyebab Smartphone Android Lemot, Lag, dan Mati sendiri atau Restart beserta Cara Mengatasinya. Bagi kalian yang mengalaminya bisa simak penjelasan berikut ini.
Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Lemot, Lag, dan Mati Sendiri

Memiliki Smartphone Android yang Lemot dalam operasinya atau Lag dalam bermain game menjadi hal yang menyebalkan, saya kira kalian akan kesal dengan kejadian ini. Bukan hanya Lemot, dan Lag akan tetapi jika Hp Android kalian tiba-tiba mati sendiri atau restart bagaimana? siapa yang disalahkan?. Pastinya kejadian itu tidak kalian harapkan pada smartphone kesayangan kalian bukan. Menyiasati hal tersebut saya akan merangkumkan buat Anda semua apa Penyebab dan cara mengatasi Hp atau Smartphone yang Lemot, Lag, dan Mati sendiri atau Restart.

Baca Juga : Penyebab Hp Bootloop dan Cara Mengatasinya

Namun, tahukah kalian bahwa Penyebab Hp Android Lemot, Lag, dan bahkan Mati sendiri itu bisa terjadi karena cara pemakaian dan pengoperasian kita yang salah atau tidak sesuai anjuran. Dan ini sering dilakukan oleh para pengguna smartphone. Lalu Apa sajakah Penyebab Hp Androd Lemot, Lag, dan Mati sendiri? berikut penjelasnnya.

Penyebab Hp Android Lemot, Lag dan Mati sendiri atau Restart

1. Terlalu Banyak Install Aplikasi
Bisa dikatakan saat ini android memiliki ratusan ribu aplikasi yang dapat anda download secara gratis ataupun berbayar, secara tidak sadar kita main install aplikasi yang berdampak pada memori telepon serta ram yang penuh. Hal ini, otomotasi akan memperlambat kinerja dari hp android anda.
Satu hal lagi, biasanya aplikasi chatting dan social media meskipun tidak digunakan tetap akan berjalan di background, jadi jika bisa dibatasi install aplikasi. Jadi, intinya kebanyakan menginstall aplikasi dan menyebabkan hp android menjadi lemot.

2. Memori Internal Sudah Penuh
Keasikan mendownload gambar, mengirim file bluetooth ataupun mendownload game dengan data yang besar dapat membuat memori internal dari hp android anda cepat penuh, bahkan aplikasi social media, aplikasi browser dapat menyimpan cache yang lumayan banyak, seringkali kita tidak tahu mengapa memori cepat penuh, nah mungkin anda dapat mengecek cache yang ada di hp anda, karena memori yang penuh maka dapat mengakibatkan hp android menjadi lemot.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Dengan Mudah

3. ROM Yang Belum Stabil (Ber-bug)

Ini memang jarang ditemui tetapi penggunaan custom rom maupun stockrom, seringkali membuat hp android kita menjadi lemot atau lamban, mungkin karena romnya masih banyak bug atau tidak mendukung 100% dari hardware android kita.

4. RAM (Random Access Memory) Yang Penuh
Rata-rata saat ini smartphone android telah dilengkapi dengan ram berukuran 1 GB, mungkin anda berpikir kenapa yang avaible hanya 800 MB ? yap, karena yang sisanya digunakan oleh sistem android itu sendiri. Biasanya seperti yang saya bahas pada poin 1, aplikasi yang banyak dapat membuat ram menjadi penuh. Oh ia, perlu anda ketahui juga jika ram sudah penuh maka akan membuat hp android kita menjadi lemot/lag bahkan restart.

Itu penyebab yang sering menyebabkan Hp atau Smartphone Android kita menjadi lemot, lag, mati sendiri atau restart. Maka dari itu hindari hal-hal tersebut yang dapat menerunkan performa smartphone kita. 

Selanjutnya, Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk Mengatasi Smartphone atau Hp yang Lemot, Lag, Mati sendiri atau Restart sebenarnya sangat mudah kalian lakukan, tidak perlu dibawa ke konter atau ke tukang service dan sejenisnya, cukup lakukan sendiri langsung pada smartphone kalian. Dan berikut Cara Mengatasinya.

Cara Mengatasi Smarphone atau Hp yang Lemot, Lag, dan Mati Sendiri atau Restart

1. Kurangi dan Hapus Aplikasi Yang Tidak Di Butuhkan
Tips yang pertama adalah jika ada aplikasi yang anda rasa tidak diperlukan ataupun kurang dipakai, maka anda bisa untuk menghapusnya.

2. Hapus Cache Secara Rutin
Aplikasi seperti sosmed dan browser tentunya dapat menumpuk banyak cache maka saran saya adalah hapus cache tersebut, anda dapat menggunakan aplikasi semacam clean master untuk mengatur cache bahkan memori yang ada pada hp android anda.

Baca Juga : Cara Agar Hp Android Tidak Lemot

3. Gunakan Task-Killer
Gunakan aplikasi task-killer semacam clean master untuk membersihkan ram, dengan itu hp android anda setidaknya akan lebih ringan dan jarang untuk restart.

4. Downgrade atau Ganti ROM
Jika anda merasa os yang ada update terasa lemot ataupun rom yang anda gunakan kurang sesuai dengan harapan anda, maka anda dapat melakukan downgrade atau ganti rom ke rom sebelumnnya yang anda gunakan atau yang anda rasa paling stabil.

Nah, itu cara mengatasinya. Sangat mudah bukan? Jadi kalian tidak perlu sampai smartphone kalian dibawa ke tukang service gara-gara lemot, lag atau restart sendiri.

Setelah kalian pahami Penyebab serta Cara Mengatasi Hp Android yang lemot, lag dan restart sendiri, Apa kalian tidak akan merubah cara pemakaian dan pengoperasian pada smartphone Android kalian?

Itulah artikel dari saya mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Lemot, Lag, dan Mati sendiri. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang mengalami kejadian tersebut pada smartphone kalian. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Lemot, Lag, dan Mati Sendiri"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel