Pengertian, Dasar dan Fitur Bitcoin Yang Harus Kamu Tau!

Pengertian, Dasar dan Fitur Bitcoin - ruanggadged.comApa itu Bitcoin? Apa Dasarnya dan Apa Fiturnya?. Pernah mendengar kata Bitcoin? dan tahukah Anda Dasar dan Fitur dari Bitcoin?

Seperti pada judul diatas, kali ini akan saya bahas mengenai Arti dasar dan fitur dari Bitcoin. Mengenal lebih jauh tentang Bitcoin dan Fitur bitcoin memang menjadi dasar Anda sebelum Anda terjun ke dunia Bitcoin. Langsung saja akan kasih tau Apa itu Bitcoin.

Baca Juga: Perangkat Lunak Bitcoin Mining Untuk Windows

Apa itu Bitcoin? dan Apa Fiturnya?

Pengertian Bitcoin


Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online, bentuk dari mata uang bitcoin ini jelas bukan seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh suatu bank dari suatu negara, tapi bentuknya seperti file-file biasa. File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikanya tak sama satu dengan yang lain.


Untuk penemu dari Bitcoin ini sendiri tidak tahu pasti siapa pembuatnya, namun Algoritma yang digunakan pada Bitcoin dikembangkan oleh sekelompok group dengan nama "Satoshi Nakamoto". Goup ini juga merilis jurnal yang menjelaskan tentang Algoritma Kriptografi tersebut, serta memperkenalkan untuk pertama kali sistim jaringan Bitcoin dan Cryptocurrency pada tahun 2009.

Untuk nilai tukar Bitcoin itu sendiri tidak pasti dan terus berubah-ubah, untuk mengetahui nilai tukar bitcoin bisa Anda cek di website resmi dari Bitcoin.

Dasar Bitcoin Untuk Pengguna Baru


Seperti dilansir dari Bitcoin.org. Sebagai pengguna baru, anda dapat mulai menggunakan dengan Bitcoin tanpa harus memahami detil teknisnya. Setelah menginstal wallet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama dan bisa membuat lebih banyak alamat bitcoin lagi kapanpun anda membutuhkannya.

Anda bisa memberitahukan alamat Bitcoin itu kepada teman-teman anda sehingga mereka bisa membayar anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

Berikut beberapa dasar Bitcoin untuk pemula

Saldo - block chain

Rantai-blok (blockchain) adalah sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Sehingga, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan serta transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki oleh pengguna itu. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diterapkan menggunakankriptografi.

Transaksi - private keys

Sebuah transaksi adalah transfer nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yang disebut kunci pribadi atau seed, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet.

Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai dikonfirmasi dalam waktu 10-20 menit, melalui proses yang disebut pertambangan.

Memroses - pertambangan

Pertambangan adalah sistem konsensus terdistribusi yang digunakan untuk mengonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok. Proses ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan.

Aturan itu untuk mencegah manipulasi blok sebelumnya karena hal itu membuat semua urutan blok berikutnya menjadi tidak valid. Pertambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif dalam mencegah setiap individu menambahkan blok baru dengan mudah secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Sehingga, tidak ada individu atau kelompok yang dapat mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti sebagian dari rantai-blok untuk memutar kembali transaksi mereka.

Setelah Anda mengetahui Pengertia dan Dasar dari Bitcoin, sekarang Anda simak fitur dari Bitcoin itu sendiri.

Baca Juga: Software Terbaik Untuk Bitcoin Mining

Fitur Bitcoin sebagai Mata Uang Digital


Beberapa fitur Bitcoin yang harus kamu tahu. Bitcoin memiliki fitur-fitur tertentu yang dapat kamu manfaatkan saat bertransaksi.
  1. Transfer ke mana saja hanya dengan modal sebuah Smartphone dan koneksi internet.
  2. Biaya transfer sangat kecil dan bisa gratis
  3. Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat dan bersifat desentralisasi dan terdistribusi atau istilahnya peer-to-peer
  4. Transaksi sekali transfer tidak bisa dibatalkan, kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinya sendiri
  5. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun
  6. Jumlah suplai Bitcoin terbatas, sistim penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap empat tahun sekali ini menyerupai sistim ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply Bitcoin, harga Bitcoin cenderung naik
Nah, sekarang sudah taukan Pengertian Bitcoin, Dasar dan Fitur Bitcoin..

Demikianlah artikel mengenai  Pengertian, Dasar dan Fitur Bitcoin yang dapat saya berikan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang Bitcoin. Semoga Bermanfaat.

1 Response to "Pengertian, Dasar dan Fitur Bitcoin Yang Harus Kamu Tau!"

  1. Menarik, tapi untuk mendapatkan bitcoin itu gimana ya mas / mba? apakah bitcoin juga aman?
    kok ada point yang mengatakan tidak di kontrol oleh lembaga atau pemerintahan,..

    ReplyDelete

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel