7 Dampak Negatif Bermain Facebook Yang Wajib Anda Waspadai

Dampak Negatif Bermain Facebook - ruanggadged.comFacebook memang menjadi Jejaring Sosial yang banyak sekali penggunanya, tidak mengenal batasan usia, bahkan hampir semua pengguna Internet mempunyai akun Facebook. Banyak dampak negatif dan positif menggunakan jejaring sosial facebook seperti dapat berkomunikasi dengan mudah, menemukan teman lama, bahkan bisa menjadi tempat bisnis dengan mempromosikan produk.

Selain bisa berdampak positif ternyata bermain Facebook juga ada dampak negatifnya, ada sekitar 7 dampak negatif bermain Facebook yang harus Anda waspadai. Agar Anda terhindar dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan.

Disamping Hal positif yang didapat bila menggunakan Facebook, tak lepas dengan adanya Dampak Negatif Bermain Facebook sendiri. Sejak diciptakan pada 2004 oleh Mark Zuckerberg, situs jejaring sosial Facebook berulang kali "disalahkan" atas berbagai masalah.
Baca Juga: Cara Mudah Mengganti Username Facebook
Mulai dari hancurnya pernikahan, obesitas pada anak, hingga oleh Professor Peter Kelly, kepala kesehatan publik di Teesside, Inggris, mengungkap kalau Facebook berperan dalam penyebaran penyakit sipilis. Selain tiga hal tersebut, banyak efek lain dari Facebook yang berakibat buruk. Berikut Efek Buruk Yang Ditimbulkan Facebook, yaitu :
Inilah Dampak Negatif Bermain Facebook
Dampak Bermain Facebook

1. Memicu Perceraian

Dampak bermain facebook yang pertama adalah bisa memicu perceraian. Pengacara menyalahkan Facebook untuk satu dari lima petisi perceraian online. Situs yang bisa mempertemukan teman lama dan membuat penggunanya bisa saling bicara melalui aplikasi chatting ini, disebut sebagai latar belakang meningkatnya kehancuran pernikahan dan godaan untuk berselingkuh.

2. Memicu Anak Bunuh Diri

Kepala gereja katolik di Inggris dan Wales, Archbishop Vincent Nichols, memperingatkan bahwa Facebook bisa mendorong remaja memiliki pandangan bahwa pertemanan adalah sebuah komoditas. Hal itu bisa memicu keinginan untuk bunuh diri, ketika hubungan tidak berjalan lagi.

Tentu ini menjadi dampak bermain facebook yang seharusnya tidak terjadi.

3. Lenyapkan Ungkapan Tradisional

Survei yang dilakukan sebuah perusahaan peneliti pasar pada 4.000 orang yang usianya dibawah 30 tahun, mengungkap bahwa banyak ungkapan tradisonal yang tidak lagi diungkapkan karena Facebook.
Baca Juga: 3 Cara Mudah Memblokir Facebook Sendiri Saat Lupa Sandi dan Email
Dampak jika sering bermain facebook maka, kata-kata tradisional dari masing-masing daerah jarang sekali diungkapkan, malah lebih sering menggunakan ungkapan kata-kata nasional maupun kata-kata dari negeri luar.

4. Memicu Gangguan Tulang

Facebook juga sering disalahkan karena gangguan tulang yang terjadi pada anak-anak. Penelitian dalam British Medical Journal menemukan bahwa situs jejaring sosial dan permainan komputer, merupakan pemicu penyakit seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh.

Untuk menghindari dampak jika sering bermain facebook ini sebenarnya kembali kepada masing-masing pengguna, bagaimana cara bermain yang nyaman, sehingga tau waktu kapan harus Online dan kapan harus Offline.

5. Membuat Orang Menjadi Tertutup

Penelitian dari Mintel, sebuah perusahaan penelitian pasar, menemukan lebih dari setengah orang dewasa yang menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook, lebih menghabiskan waktu di internet dibandingkan berbicara dengan teman atau anggota keluarga lainnya.

Ini sebuah pemandangan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, banyak dari mereka para pemain facebook yang menjadi tertutup jika berkumpul. Mungkin Anda sendiri pernah merasakan hal ini.

6. Membuat Pasangan Cemburu

Tim peneliti dari University of Guelph, Kanada, menemukan bahwa penggunaan Facebook meningkatkan rasa cemburu pasangan. Mereka menemukan bahwa makin sering seseorang menghabiskan waktu untuk online pada situs jejaring sosial dan melihat pasangannya, maka tingkat kecurigaannya sangat tinggi.

Untuk dampak bermain facebook ini juga kembali kepada penggunanya, bagaimana cara agar pasangan kita tidak merasa cemburu gara-gara status maupun koment yang dilontarkannya.

7. Dijadikan Ajang Menantang Hukum

Pada beberapa kasus hukum di Inggris, Facebook, dijadikan ajang untuk menantang hukum. Pihak yang tersangkut kasus hukum membuat grup, yang namanya sangat provokatif dan melawan hukum.

Dari Dampak Negatif Bermain Facebook yang terurai diatas, sebenarnya itu tergantung diri kita sendiri, bagaimana cara kita menyikapi dan bagaimana cara kita memanfaatkan Jejaring Sosial Facebook ini. Jadi buat anda semua, Manfaatkanlah jejaring sosial facebook ini dengan hal yang positif, jangan dijadikan tempat yang bisa merugikan orang lain.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang Dampak Negatif Bermain Facebook, yang dapat ruanggadged.com sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Semoga bermaanfaat.

0 Response to "7 Dampak Negatif Bermain Facebook Yang Wajib Anda Waspadai"

Post a Comment

Orang yang bijak, selalu meninggalkan Komentar sesuai dengan Temanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel